Cara membuat Lingkaran dengan di OpenGL


Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.

Berikut merupakan script lengkap membuat lingkaran :
  1. #include <windows.h>
  2. #include <math.h>
  3. #include <stdlib.h>
  4. #include <glut.h>

  5. void aa()
  6. {
  7.     glClearColor(1,1,1,1);
  8.     int i,ukuran,jumlah_titik;
  9.     glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
  10.     glColor3ub(0, 255, 68);
  11.     glBegin(GL_POLYGON);
  12.     ukuran=50;
  13.     jumlah_titik=768;
  14.     for (i=0;i<=768;i++)
  15.     {
  16.         float sudut=i*(2*3.14/jumlah_titik);
  17.         float x=0+ukuran*cos(sudut);    //0 titik tengah
  18.         float y=0+ukuran*sin(sudut);
  19.         glVertex2f(x/150,y/150);
  20.     }
  21.     glEnd();
  22.     glFlush();
  23. }
  24. int main(int iArgc, char** cppArgv)
  25. {
  26.     glutInit(&iArgc, cppArgv);
  27.     glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
  28.     glutInitWindowSize(720, 720);
  29.     glutInitWindowPosition(100, 100);
  30.     glutCreateWindow("Lingkaran");
  31.     glutDisplayFunc(aa);
  32.     glutMainLoop();
  33.     return 0;
  34. }

Hasil :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wide Area Network (Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan)

Cara membuat boneka salju 3D di OpenGL