Cara membuat Lingkaran dengan di OpenGL
Membuat sebuah bidang seperti segitiga, segi-empat, dan segi-banyak lainnya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Tentukan letak x dan y dari masing-masing titik, kemudian menghubungkannya, jadilah sebuah bidang.
Berikut merupakan script lengkap membuat lingkaran :
- #include <windows.h>
- #include <math.h>
- #include <stdlib.h>
- #include <glut.h>
- void aa()
- {
- glClearColor(1,1,1,1);
- int i,ukuran,jumlah_titik;
- glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
- glColor3ub(0, 255, 68);
- glBegin(GL_POLYGON);
- ukuran=50;
- jumlah_titik=768;
- for (i=0;i<=768;i++)
- {
- float sudut=i*(2*3.14/jumlah_titik);
- float x=0+ukuran*cos(sudut); //0 titik tengah
- float y=0+ukuran*sin(sudut);
- glVertex2f(x/150,y/150);
- }
- glEnd();
- glFlush();
- }
- int main(int iArgc, char** cppArgv)
- {
- glutInit(&iArgc, cppArgv);
- glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
- glutInitWindowSize(720, 720);
- glutInitWindowPosition(100, 100);
- glutCreateWindow("Lingkaran");
- glutDisplayFunc(aa);
- glutMainLoop();
- return 0;
- }
Hasil :
Komentar
Posting Komentar